Thursday, 21 November, 2024

PEMBELAJARAN

Tujuan pendidikan nasional sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.

Implementasi undang-undang tersebut dijabarkan ke dalam sejumlah peraturan antara lain Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua  atas PP Nomor 19 tahun 2005, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 61 Tahun 2014 Tentang Kurikulum tingkat Satuan Pendidikan Pada Pendidikan Dasar dan Menengah, dan KMA Nomor 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah.

Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mengacu pada Standar Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar Pendidikan Nasional terdiri atas delapan standar, yaitu: standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar  Tenaga Kependidikan, Standar sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, dan Standar Penilaian Pendidikan.

Melalui kurikulum ini madrasah dapat melaksanakan program pendidikan sesuai dengan karakter dan kekhasan masing-masing untuk mencapai visi, misi, dan tujuannya. Untuk itu madrasah dapat melakukan inovasi dalam pengembangan implementasi kurikulum untuk mewujudkan keunggulan sesuai dengan kekhasannya. Inovasi tersebut perlu secara eksplisit dituangkan dalam dokumen kurikulum tingkat madrasah sesuai dengan peraturan perundangan dan ketentuan yang berlaku. Pengembangan tersebut hendaknya dilakukan dengan memperhatikan tujuan pendidikan nasional, tujuan madrasah, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta tuntutan zaman. Khususnya dalam menghadapi revolusi industri 4.0, madrasah harus dapat menyiapkan kompetensi peserta didik di era milenial untuk dapat melaksanakan pembelajaran abad 21 yakni memiliki kemampuan 4 C (critical thinking, creativity, communication and collaboration).

Sebagai lembaga pendidikan umum berciri khas Islam, maka kurikulum Min 1 Purworejo dirancang dalam rangka penguatan moderasi beragama, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), pendidikan anti korupsi, literasi, dan pembentukan akhlak mulia peserta didik. Sesuai dengan keunggulan yang ingin dicapai dan kekhasan potensi yang ada di lingkungannya,  Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Purworejo telah menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Madrasah dengan Keunggulan Everyday With Qur’an sebagai pedoman operasional standar dalam penyelenggaraan pembelajaran guna tercapainya tujuan pendidikan di  MI Negeri 1 Purworejo.

Pada tahun pelajaran 2021/2022 ini penggunaan Kompetensi Inti pada Kurikulum 2013 di MI Negeri 1 Purworejo telah berlaku pada semua mata pelajaran umum dan  dan Mapel PAI- Bahasa Arab untuk  semua kelas  Sehingga struktur Kurikulum MIN 1 Purworejo pada Tahun Pelajaran 2021/2022 adalah seperti tertera pada tabel 2 berikut:

Keterangan:

  • Selain kegiatan intrakurikuler seperti yang tercantum di dalam struktur kurikulum di atas, terdapat pula kegiatan ekstrakurikuler .
  • Kegiatan ekstra kurikuler Pramuka merupakan kegiatan ektrakurikuler wajib yang harus diikuti semua peserta didik, sedangkan yang lain merupakan pilihan.
  • Kegiatan ekstra kurikuler dilaksanakan dalam rangka mendukung pembentukan sikap spiritual, kepribadian, kepemimpinan  dan sikap sosial peserta didik, terutamanya adalah sikap peduli. Di samping itu juga dapat dipergunakan sebagai wadah dalam penguatan pembelajaran berbasis pengamatan maupun dalam usaha memperkuat kompetensi keterampilannya dalam ranah konkrit. Dengan demikian kegiatan ekstra kurikuler ini dirancang sebagai pendukung kegiatan kurikuler. Secara rinci kegiatan ekstra ini diatur tersendiri dalam panduan kegiatan ekstra madrasah.
  • Matan pelajaran Kelompok A adalah kelompok mata pelajaran yang kontennya dikembangkan oleh pusat. Mata pelajaran Kelompok B yang terdiri atas mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya serta Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan adalah kelompok mata pelajaran yang kontennya dikembangkan oleh pusat dan dilengkapi dengan konten lokal yang dikembangkan oleh pemerintah daerah dan/ madrasah.
  • Bahasa Jawa sebagai muatan lokal pada MIN 1 Purworejo diajarkan secara terpisah.
  • Keterampilan Berbahasa Inggris sebagai muatan global pada MIN 1 Purworejo diajarkan secara terpisah.
  • Program Everyday With Qur’an sebagai inovasi unggulan madrasah dijadikan materi kokurikuler yang dilakukan setiap hari sebelum dan atau sesudah jam belajar efektif.
  • BTA tidak diajarkan sebagai muatan lokal tersendiri namun diajarkan secara terintegrasi dalam pembelajaran Quran Hadis.
  • Pembelajaran  merupakan pembelajaran tematik integratif kecuali  mapel PAI-Bahasa Arab, Pendidikan Jasmani, Olah Raga, Kesehatan (Penjasorkes), Matematik Kelas 4-6,  dan Mulok. Pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan scientific.

Sebagai pembelajaran tematik terpadu, jumlah jam pelajaran per    minggu untuk tiap mata pelajaran adalah relatif. Guru dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhan peserta didik dalam pencapaian kompetensi yang diharapkan.

Pelaksanaan Kurikulum 2013 di MIN 1 Purworejo pada tahun pelajaran 2021/2022 dilakukan melalui pembelajaran dengan pendekatan tematik-terpadu dari Kelas I sampai Kelas IV. Mata pelajaran Pendidikan Agama dan Bahasa arab, Matematika kelas 4-5, PJOK , dan  muatan lokaldikecualikan untuk tidak menggunakan pembelajaran tematik-terpadu.

Pembelajaran tematik terpadu merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai matapelajaran ke dalam berbagai tema seperti yang terdapat dalam tabel berikut ini.

Tema Pembelajaran Tiap Kelas

TemaKelas 1Kelas 2Kelas 3Kelas 4Kelas 5Kelas 6
1Diri SendiriHidup RukumPertumbuhan dan Perkembangan Makhluk HidupIndahnya KebersamaanOrgan Gerak Hewan dan TumbuhanSelamatkan Makhluk hidup
2KegemarankuBermain di LingkungankuMenyayangi TumbuhanSelalu Berhemat EnergiUdara Bersih bagi KesehatanPersatuan dalam Perbedaan
3KegiatankuTugasku Sehari-hariBenda di SekitarkuPeduli terhadap Makhluk HidupMakanan SehatTokoh dan Penemu
4KeluargakuHidup Bersih dan SehatKewajiban dan HakkuBerbagai PekerjaanSehat itu PentingGlobalisa-si
5PengalamankuPengalamankuPermaianan TradisionalPahlawankuEkosistemWirausaha
6Lingkungan Bersih Sehat dan AsriMerawat Hewan dan TumbuhanIndahnya PersahabatanCita-citakuOrgan Tubuh Manusia dan HewanKesehatan Masyarakat
7Benda, Hewan, dan Tanaman di SekitarkuKebersamaanEnergi dan PerubahannyaIndahnya Keragaman di NegerikuSejarah Peradaban ManusiaOrganisasi di Sekitarku
8Peristiwa AlamKeselamatan di Rumah dan di PerjalananBumi dan Alam SemestaDaerah Tempat TinggalkuEkosistemBumiku
9   Kayanya NegerikuLingkungan Sahabat KitaMenjelajah Angkasa Luar

Pendekatan yang digunakan untuk mengintegrasikan kompetensi dasar dari berbagai mata pelajaran yaitu intra-disipliner, inter-disipliner, multi-disipliner, dan trans-disipliner.

  • Integrasi intra-disipliner dilakukan dengan cara mengintegrasikan dimensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan menjadi satu kesatuan yang utuh di setiap matapelajaran.
  • Integrasi inter-disipliner dilakukan dengan menggabungkan kompetensi-kompetensi dasar beberapa mata pelajaran agar terkait satu dengan yang lainnya, sehingga dapat saling memperkuat, menghindari terjadinya tumpang tindih, dan menjaga keselarasan pembelajaran.
  • Integrasi multi-disipliner dilakukan tanpa menggabungkan kompetensi dasar tiap mata pelajaran sehingga tiap mata pelajaran masih memiliki kompetensi dasarnya sendiri.
  • Integrasi trans-disipliner dilakukan dengan mengaitkan berbagai mata pelajaran yang ada dengan permasalahan-permasalahan yang dijumpai di sekitarnya sehingga pembelajaran menjadi kontekstual.

Selain itu, Kurikulum MIN 1 Purworejo berbasis keunggulan lokal dan global dilaksanakan dengan memperhatikan kecenderungan perkembangan yang terjadi di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, informasi dan komunikasi serta tantangan yang dihadapi para peserta didik di masa yang akan datang. Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global ini merupakan bagian integral dari struktur kurikulum yang telah ada dan diberikan dalam bentuk  penambahan kegiatan kokurikuler Everyday With Qur’an (keunggulan lokal/khasan madrasah) dan Keterampilan Berbahasa Inggris. (keunggulan global).